Senin, 26 November 2012

5 Search Engine Buatan Indonesia


1. FINDTOYOU.com


Findtoyou.com merupakan salah satu mesin pencarian yang hadir untuk penggunanya dengan konsep lebih spesifik dan praktis. Findtoyou memberikan pilihan kepada user dalam hal pencarian data seperti untuk Music, Video, Images, Software, Ebook, Document, Powerpoint, Excel, File Sharing, Torrent dan Social Networking secara langsung dihalaman depan website tersebut.
Keunikan dari Search Engine Findtoyou adalah dapat mengklasifikasikan pencarian, sehingga user dapat mudah memilih jenis File yang ingin dicari, berbeda dengan search engine sejenisnya yang hanya mampu mencari 1 atau 2 file.

Sejarah :
Awal mulanya berdiri pada bulan 9 juli 2009 dan berbasiskan di Surabaya dan Jakarta

Pendiri : Dian Arif Sutejo – founder
Teuku Iqbal Maulana – co-founder – CIT
setiadi – co-founder – CEO

Walau baru seumur jagung meramaikan situs pencarian, trafik untuk indonesia sudah berhasil menembus peringkat ke 617 untuk daftar
pencarian situs di indonesia, data tersebut berdasarkan dari http://www.alexa.com/siteinfo/www.findtoyou.com

Umumnya pengguna findtoyou adalah kalangan pelajar dan perkantoran dengan memudahkan pengguna internet apa yang dibutuhkan, Findtoyou menggunakan link ke beberapa pencarian beberapa situs di dunia , sehingga dijadikan satu halaman website, saat ini total pengunjung lebih dari 25000 perhari ,menggandeng jejaring facebook sebagai media apresiasi penggunanya, semua dibangun atas opensource karena akan lebih mudah membangun dan mengembangkannya.
2. NOWGOOGLE.com


Namanya adalah nowGoogle, ini adalah seacrh engine atau mesin pencarian buatan anak negeri. Konsepnya adalah multiple search engine, dimana nowGoogle menyatukan 10 mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, dkk dalam satu search engine. Dengan begitu, nowGoogle.com lebih memudahkan netter atau blogger untuk melakukan pencarian tanpa harus repot membuka banyak tab baru.

Adapun berbagai fasilitas atau fitur yang disediakan oleh nowGoogle.com yang mendklarasikan sebagai Multiple Search Engine Popular ini diantaranya adalah : web-search, book, blog, ebook, gambar, lirik, lowongan kerja, dsb. Dan sebagaimaa Google.com, Yahoo dkk. Dilihat pada tampilannya mesin pencari (search engine) ini tampak bersih dan elegan. Lalu selain itu, nowGoole juga menyedikan berbagai jenis fasilitas berbeda untuk para pengunanya diberbagai lokasi, seperti :
http://www.nowgoogle.com (Multiple Search Engine)
http://id.nowgoogle.com (Multiple Search Engine Indonesia)
http://ca.nowgoogle.com (Multiple Search Engine Canada)
http://uk.nowgoogle.com (Multiple Search Engine United Kingdom)
http://directory.nowgoogle.com (Free Web / Link Directory)





3. UPDATEBANGET.com


UpdateBanget merupakan mesin pencari. Pengembang UpdateBanget mendesain UpdateBanget untuk melayani pencarian data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal.

Sebagai tahapan pertama, UpdateBanget tampil dengan fitur terbatas pada pencarian berita. UpdateBanget mengindeks semua situs berita di Indonesia, baik dengan lingkup nasional atau lokal. Pengguna bisa mendapatkan berita hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang diinginkan, terurut berdasarkan kekinian.

Pencarian berita adalah langkah awal. Ke depan, UpdateBanget berupaya melalui milestone yang telah diformulasikan untuk menjadi mesin pencari umum. Dalam misi pengembangan tersebut, UpdateBanget terbuka untuk segala macam ide, pendapat, kritik atau saran dari para pengguna.




4. BATAVIASE.com


Search engine yang satu ini malah mirip dengan suatu forum. Berisi artikel artikel yang dicomot dari beberapa web koran juga. Menurut saya search engine ini untuk orang yang suka baca berita-berita terkini. Searchnya pun bisa milih mau cari apa.





5. GRUIL.com


Search engine layaknya google tapi masih dalam tahap beta (pengerjaan) namun gruil sudah dapat di gunakan.menrut pembuat gruil,web nya gruil jauh lebih cepat dan hasil data yang akurat. backgroundnya yang ceria bikin searching jadi berwarna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar